Setan ada di mana-mana

SETAN... sebutan yang sangat akrab dengan kita. Tidak sedikit orang yang takut dengan setan tapi anehnya mereka malah berteman. Banyak orang yang benci tapi sering memanggil-manggil nama setan dengan penuh semangat (nada tinggi). Bahkan ada pula orang yang merasa alergi dan anti dengan setan tapi tanpa disadari setan menempel dan bergelayutan di sekujur badannya. Dan banyak sekali orang yang terinspirasi dan dirasuki oleh setan. Setan adalah fenomena sepanjang masa.

Siapa sebenarnya setan?

Setan, jun, iblis, dedemit, gondoruwo, hantu, dll, dsb, etc... sebutannya boleh beda, tapi pada hakekatnya sama. Mereka adalah provokator kepada manusia agar mengikuti kehendaknya, menuruti hawa nafsunya serta hal-hal negatif lainnya.

Berteman dengan setan... mau?

Kita sering mengatakan takut sama setan, tapi sebenarnya kita berteman baik dengan setan. Dimana ada kita di situ ada setan yang selalu mengikuti kemana pun kita pergi. Begitu setianya setan mengikuti kita, sampai-sampai kita "tidak tega" untuk mengikuti juga apa yang menjadi kemauannya. Hingga akhirnya kita sering menunda-nunda berbuat amal kebaikan, kemudian tidak mau berbuat amal kebaikan sekali dan melakukan perbuatan yang menyimpang dari aturan.

Memanggil nama setan... gimana caranya?

Saat kita emosi, kesal atau pun marah, tak jarang kita mengucap kata "SETAN" dengan begitu bersemangat alias dengan nada tinggi. Tanpa kita sadari, setan sangat senang dengan hal itu. Karena emosi, kesal dan marah adalah bujukan setan. Semakin sering kita emosi, kesal dan marah, semakin sering pula nama setan di sebut. Bahkan mungkin kita lebih sering mengucapkan nama setan daripada menyebut nama Allah SWT.

Alergi dengan setan... kok bisa?

Kalau kita alergi dengan debu pasti akan bersin-bersin atau batuk atau kalau alergi dengan hawa dingin kulit akan bentol-bentol. Lalu bagaimana kalau kita alergi dengan setan? Seharusnya kita akan menjadi orang yang baik, sabar, taat beribadah dan senang berbuat amal baik. Dengan demikian, bukan kita saja yang alergi dengan setan tapi juga setan pasti alergi dengan kita. Tapi kenyataannya? Terlalu sering kita mengatakan alergi dengan setan malah semakin bersinergi dengan setan. Karena setan telah merasuk ke dalam jiwa dan raga kita, dalam aliran darah dan nafas kita, hingga semakin sulit untuk lepas dari pengaruh dan godaannya.

Terinspirasi oleh setan?

Kalau kita terinspirasi oleh public figure, mungkin kita akan mengikuti gaya bicara, cara berpakaian atau pun tingkah lakunya. Kalau gaya bicara, cara berpakaian dan tingkah laku kita sudah mengikuti setan dan menyimpang dari norma dan aturan agama, itu artinya kita sudah terinspirasi oleh setan.

Fenomena setan?

Setan ada sejak alam semesta ini ada. Setan tidak akan mati hingga hari kiamat, tidak akan berkurang tapi terus bertambah. Setan selalu hadir dalam kehidupan manusia dari segala jaman. Walaupun tujuannya sama, yaitu menggoda dan menyesatkan manusia, tetapi cara dan sarananya bisa berubah mengikuti perkembangan peradaban manusia.

Marilah kita senantiasa memohon lindungan Yang Maha Kuasa, Allah SWT agar terhindar dari butuk rayu dan godaaan setan, Amin.

"berfikir di waktu pagi, bekerja di waktu siang, makan di waktu petang, tidur di waktu malam"

Baca yang ini juga...



1 comment:

kahutindo_semarang said...

awaaassss ... setan dimana2 ada , n ada dimana2 .. !!!!!
mampir juga di blog ini yo.... tq

http://www.kahutindosemarang.blogspot.com/

Post a Comment